Kamis, 05 Januari 2012

Statistika Deskriptif


Statistika deskriptif memungkinkan peneliti untuk menggambarkan satu atau lebih karakteristik dari suatu kelompok atau melakukan perbandingan antarkelompok jika peneliti memiliki data dari variabel yang menjadi perhatiannya.
Alat bantu yang dapat digunakan peneliti saat ia melakukan analisis data dengan teknik-teknik statistika, yaitu program (paket) piranti lunak (software) statistika. Setiap paket tersebut menyediakan seluruh instruksi yang diperlukan peneliti untuk melakukan analisis data.
Ukuran Pemusatan Data
          Ukuran pemusatan adalah sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data, yang telah diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya dari yang terbesar sampai yang terkecil. Salah satu kegunaan dari ukuran pemusatan data adalah untuk membandingkan dua ( populasi ) atau contoh, karena sangat sulit untuk membandingkan masing-masing anggota dari masing-masing anggota populasi atau masing-masing anggota data contoh. Nilai ukuran pemusatan ini dibuat sedemikian sehingga cukup mewakili seluruh nilai pada data yang bersangkutan.
Ukuran Penyebaran Data
Ukuran penyebaran data adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa besar nilai-nilai data berbeda atau bervariasi dengan nilai ukuran pusatnya atau seberapa besar penyimpangan nilai-nilai data dengan nilai pusatnya.
Nilai sentral kurang bermanfaat apabila tidak diketahui nilai pemencaran atau penyimpangan tiap datanya terhadap nilai tengah. Jika suatu data mempunyai nilai yang terlalu jauh menyimpang dari nilai sentralnya, maka data tersebut kurang akurat untuk menggambarkan keseluruhan data. Ukuran penyebaran data dapat meliputi range, varians, standar deviasi, dan jangkauan antar kuartil.
 

0 komentar:

Posting Komentar